Sunday, September 18, 2016

PC AIO Makalah

Makalah Sistem Operasi dan Perakitan Komputer  
Komputer All In One





Disusun oleh      :
Fithrika Izza Fadhilah                 1102415069




Universitas Negeri Semarang
2016



Daftar isi

Halaman sampul.................................................................................................................... i
Daftar isi.............................................................................................................................. ii
Bab I Pendahuluan.............................................................................................................. 1
Latar Belakang..................................................................................................................... 1
Rumusan masalah ............................................................................................................... 1
Tujuan ................................................................................................................................. 1
Bab II Pembahasan.............................................................................................................. 2
Pengertian Komputer All In One......................................................................................... 2
Kelebihan Komputer All In One......................................................................................... 3
Kekurangan Komputer All In One...................................................................................... 4
Bab III Kesimpulan............................................................................................................. 5



BAB   I
PENDAHULUAN

A.           Latar Belakang
            Produk-produk All In One (AIO) saat ini memang telah menjadi trend dalam menciptakan sebua produk baru khususnya untuk produk elektronik seperti komputer, printer bahkan software juga ada yang all in one. Tujuan dari penciptaan produk All In One ini tidak lain dan tidak bukan adalah untuk memberi kemudahan kepada pengguna dalam bekerja dengan komputer.
            Keberadaan Komputer All In On tentu menjadi solusi bagi yang memiliki meja komputer yang sempit namun tidak ingin menggunakan laptop untuk mengerjakan tugas komputasi harian. Alasan pengguna yang enggan menggunakan laptop adalah performa dari laptop yang tidak sebagus komputer dekstop, meskipun laptop juga punya kelebihan lain yang tidak didapatkan pada komputer dekstop.

B. Rumusan Masalah
1.      Bagaimana pengertian Komputer All In One?
2.      Apa saja kelebihan Komputer All In One?
3.      Apa saja kekurangan Komputer All In One?

C. Tujuan
1.      Mengetahui pengertian Komputer All In One.
2.      Mengetahui kelebihan Komputer All In One.
3.      Mengetahui kekurangan Komputer All In One.



  


BAB II
PEMBAHASAN


A.    Pengertian Komputer All In One

Komputer All In One (AIO) merupakan seri terbaru dari pengembangan dekstop PC yang merupakan awal komputer rumahan. Komputer All In One menggabungkan dua komponen utama komputer menjadi satu, yaitu CPU, Monitor dengan tujuan untuk menambah ke-Efesiensian ruang namun tetap tidak mengurangi performa komputer, komputer All In One memiliki 2 input yaitu keyboard dan mouse, tapi kebanyakan sekarang suda memanfaatkan teknologi layar sentuh (touchscreen).
Komputer All In One ini memiliki konsep gabungan CPU dan layar dalam satu kesatuan sehingga menjadi lebih ringkas dan memiliki ukuran yang lebih kecil daripada dekstop PC biasa karena CPU pada Komputer All In One ini sudah tertanam langsung dalam layar monitor, berbeda dengan dekstop PC yang memiliki konsep masih terpisah-pisah antara monitor, input device (keyboard, mouse), dan dekstop (berisi komponen utama PC seperti CPU, RAM, Motherboard, VGA, dsb), Komputer All In One ini juga mempunyai banyak keunggulan bila dibandingkan perangkat PC dekstop biasa, selain mempunyai desain yang modern dan elegan.
Komputer All In One juga tidak banyak menggunakan konfigurasi kabel, berbeda dengan PC dekstop yang membutuhkan banyak konfigurasi kabel, baik di dalam casing CPU maupun kabel bagian luarnya, sehingga ketika hendak memindahkan tidak perlu repot lagi melepas banyak kabel dan mengankat lebih dari satu benda, oleh karena itu komputer All In One ini lebih ringkas (portable) dan menghemat ruang.
Meskipun Komputer All In One ini lebih portable, lebih kecil, dan lebih praktis tapi tidak mengurangi fungsi utamanya sebagai komputer kerja, daya konsumsi energinya pun lebih rendah dan memiliki performa yang tidak kalah dari komputer konvensional ditambah lagi fitur-fitur dari komputer All In One yang lebih modern, Komputer All In One ini juga biasanya menggunakan monitor flat yang lebih minimalis dan rata-rata sudah menggunakan layar touchscreen untuk memudahkan melakukan pengoperasian menggunakan sentuhan jari pada layar pada saat memanipulasi objek, memindahkan gambar, bermain game ataupun menulis teks.
Komputer All In One juga masih dilengkapi dengan keyboard dan mouse sama seperti dekstop PC tetapi pada Komputer All In One ini ada yang menggunakan port, namun tak jarang juga beberapa tipe menggunakan keyboard dan mouse wireless. Komputer All In One ini memiliki desain yang elegan dan premium, sehingga tak jarang harganya relatif lebih mahal dibanding dekstop PC.

B.     Kelebihan Komputer All In One

Hal yang membuat komputer All In One cukup populer adalah kepraktisannya. Memang benar bahwa perangkat ini terlihat praktis berkat kemudahan menggunakannya. Bisa dibilang, perangkat komputer All In One adalah perangkat praktis yang cukup besar. Semua orang bisa menggunakannya layaknya menyalakan sebuah televisi, terutama untuk Komputer All In On yang mendukung navigasi layar sentuh.
Keunggulan kedua dari populernya komputer All In One adalah konfigurasi kabel. PC dekstop standar dikenal sebagai perangkat yang membutuhkan banyak konfigurasi kabel, baik di dalam kasing CPU maupun kabel bagian luarnya. Dan hal itu tidak terdapat dalam komputer All In One sehingga membuat perangkat ini lebih digemari karena tidak ada kabel berantakan yang mengganggu.
Komputer All In One adalah perangkat fungsional yang bisa mengerjakan berbagai tugas dengan sebuah perangkat yang tidak memakan banyak tempat. Hal inilah yang membuat perangkat komputer All In One cukup unggul. Dengan tidak memakan banyak tempat, para pengguna bisa menjadi lebih nyaman dan ruang yang tersedia bisa digunakan untuk keperluan lainnya. Satu hal lagi, perangkat ini memungkinkan penggunanya untuk lebih mudah memindahkan perangkat ini dari satu tempat ke tempat lainnya.
Hal lain yang cukup mempengaruhi larisnya Komputer All in One adalah konsep desain. Tidak bisa dipungkiri bahwa perangkat ini memiliki konsep desain yang menarik, modern, futuristik, dan juga lebih menggoda di mata. Berbeda dengan perangkat PC standar yang terdiri dari kasing CPU berbentuk kotak  dengan layar LCD. Konsep ini tergolong umum dan cenderung biasa sehingga tidak terasa menarik seperti halnya Komputer All in One.
Keunggulan lain dari komputer All in One adalah bahwa perangkat ini cukup nyaman digunakan untuk keperluan hiburan. Mengapa? Karena komputer All in One kebanyakan memiliki dimensi layar yang besar yang cocok digunakan untuk keperluan menonton film. Selain itu, beberapa perangkat komputer All in One juga memiliki dukungan audio yang cukup baik sehingga perangkat ini juga cukup nyaman digunakan untuk keperluan mendengarkan musik. Dan bagi beberapa komputer All in One yang dilengkapi dengan kartu grafis mumpuni, perangkat ini pun cukup nyaman digunakan bermain games.
Demikianlah beberapa hal yang membuat PC All in One menjadi sangat menarik dan banyak digemari. Bahkan saat ini banyak kantoran dan perusahaan besar yang lebih memilih perangkat ini sebagai perangkat utama untuk keperluan kerja.

C.    Kekurangan Komputer All In One

Karena semua komponen penyusun komputer tergabung menjadi satu, maka secara umum kesulitan yang akan ditemukan oleh pengguna komputer All In One adalah pengguna akan kesulitan saat ingin melakukan perbaikan sendiri atau melakukan uprade per satuan komponen lebih fleksibel pc dekstop.




BAB III
PENUTUP

Simpulan
1.      Komputer All In One menggabungkan komponen CPU, Monitor, dan input device (keyboard, mouse) menjadi satu.
2.      Kelebihan komputer All In One adalah lebih portable, lebih kecil, dan lebih praktis tapi tidak mengurangi fungsi utamanya sebagai komputer kerja.
3.  Kekurangan komputer All In One adalah pengguna akan kesulitan saat ingin melakukan perbaikan sendiri atau melakukan uprade komponen. 
Share:

0 comments:

Post a Comment

About

Follow Me On Instagram

Powered by Blogger.

About me

Powered By Blogger

Subscribe

footer social

Pages

Popular Posts